Powered By Blogger

Minggu, 01 November 2015

PENGERTIAN DAN CONTOH PENERAPAN STEGANOGRAFI

1.             PENGERTIAN
Menyembunyikan sesuatu yang tidak dapat diketahui oleh seseorang sangat menyenangkan. Sangat menciptakan sensasi jika hanya kita yang mengetahui hal tersebut. Mencari apa yang tersembunyi dan misteri membuat orang penasaran dan senang untuk memutar otak. Jika berhasil menemukannya, kepuasan bagi yang mencarinya. Ada sebuah teknik yang telah ada dan terus menerus berevolusi seiring perkembangan zaman dengan istilah Steganografi.
Steganografi adalah ilmu yang mempelajari, meneliti dan mengembangkan seni menyembunyikan sesuatu informasi. Steganografi merupakan seni yang sudah sangat lama digukanakan di dunia ini. Asal muasal Steganografi berasal dari bahasa Yunani yang berarti “Tulisan Tersembunyi”. Tujuan utama dari Steganografi ini adalah untuk menjaga kerahasiaan informasi yang sesungguhnya ingin disampaikan. Format yang biasa digunakan adalah format audio (bitmap, gif, pcx, jpeg, dll) dan format audio (wav, voc, mp3, dll).

2.             CONTOH PENERAPAN
1.   Seperti tujuan bisnis, contohnya Digital Watermarking pada Copyright Rotection yang berguna mencegah pembajakan dariproduk-produk digital seperti musik, software dan banyak lagi. Ini berguna untuk menandai kepemilikan sesuatu perizinan sesuatu.
2.        Komunikasi pemimpin teroris kepada anggota-anggotanya untuk mencelakakan orang lain. Contohnya seperti firewall, konfigurasi filtering, sistem Intrusion Detection, yang mana semuanya ini tidak akan mengetahui dan mencegah informasi jahat.
3.        Menyembunyikan pesan. Contohnya: “Kuliah hari Senin”.
Perhatikan gambar di bawah ini:

Untuk mengetahui isi pesan yang telah di Steganografi, terlebih dahulu kita mencermati kode yang ada dalam gambar kedua. Dari gambar tersebut kita mendapatkan pesan angka sebagai berikut: 4, 9, 13, 20, 23, 28, 41, 46, 52, 56, 59, 63, 69, 88, 94.
Selanjutnya dari pesan angka tersebut, cari posisi hurufyang telah di Steganografi sesuai dengan urutan angka tersebut sehingga kita mendapatkan huruf.

Selanjutnya huruf tersebut dirubah ke font Times New Roman sehingga muncullah pesah “hari senin kuliah”.

4.        Aku senang sama sikap kamu seperti Menyayangi, Optimis, Nekat, Yakin, Elastis dan Tekun. Jadi, kalau disingkat, kamu seperti M.O.N.Y.E.T. Steganografinya adalah MONYET.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar