Powered By Blogger

Minggu, 13 Oktober 2013

Manfaat Teknologi Informasi dalam Perdagangan

Teknologi informasi merupakan  teknologi yang digunakan untuk memproses, menyimpan dan memanipulasi data. Teknologi informasi bertujuan untuk memberikan informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis dan juga yang lainnya. Hal ini sangat diperlukan dalam berbagai bidang, seperti komunikasi, pendidikan, bank, medis, pemerintahan dan tak kalah penting juga dalam hal perdagangan.

Seperti yang sudah teman-teman ketahui, perdagangan merupakan transaksi jual beli jasa dan barang oleh produsen dan konsumen. Semakin giatnya perkembangan aktivitas perdagangan dan juga teknologi saat ini maka beberapa produsen mengubah cara berdagang mereka dengan menggunakan teknologi informasi. Dalam dunia ini, kita kerap sekali mendengar istilah perdagangan secara elektronik (Electronic Commerce) dimana artinya perdagangan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet. Banyak sekali cara yang digunakan untuk berdagang dengan menggunakan teknologi informasi ini, misalnya SMS banking, membuka toko di website (tokobagus.com, berniaga.com) dan juga media sosial (twitter, facebook, blog).
Tetapi yang pastinya teknologi informasi dalam perdagangan itu memiliki manfaat dan juga sisi negatifnya. Kali ini saya membahas mengenai manfaat dari teknologi informasi dalam perdagangan baik bagi produsen maupun konsumen.

Manfaat teknologi informasi bagi produsen:
1.        Produsen dapat menjual produknya ke seluruh penjuru dunia.
2.      Memberikan tempat yang sangat efektif. Dimana produsen tidak perlu lagi membuka cabang-cabangnya.
3.    Memberikan biaya yang efesien. Dimana produsen tidak mengeluarkan biaya untuk gaji  karyawan dan juga sewa tempat, karena dalam hal ini bisa dilakukan secara individu.
4.   Dengan adanya penghematan biaya yang dikeluarkan, otomatis produsen dapat menekan seminimal mungkin harga jual kepada konsumen, sehingga  banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Dengan demikian barang menjadi lebih banyak yang terjual dan profit produsen pun bertambah besar.

 Manfaat teknologi informasi bagi konsumen:
1.  Pembeli tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup terkoneksi dengan internet saja. Pembeli dapat memilih barang, memesan barang dan barang pun dikirim ke alamat pembeli.
2.        Menghemat waktu.
3.     Pilihan yang ditawarkan sangat beragam sehingga kita dapat membanding-bandingkan produk yang ditawarkan oleh produsen.
4.        Dapat membeli barang yang terdapat di negara lain.
5.       Harga yang ditawarkan terjangkau oleh konsumen Karena tingkat persaingan yang dilakukan oleh produsen.

Di internet, semua orang bisa melakukan transaksi jual beli barang karena sudah banyaknya toko-toko online yang bermunculan dan juga di media sosial. Ada yang secara langsung menjual produk, ada juga yang hanya bertindak sebagai pemberi informasi. Jadi teman-teman, selain banyaknya manfaat dari teknologi informasi dalam perdagangan ini kita tetap waspada terhadap penipuan yang dilakukan oleh para produsen dan selektif dalam melakukan pembelian online ini.

Itulah celoteh saya mengenai manfaat teknologi informasi bagi dunia perdagangan. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu teknologi informasi mutlak dibutuhkan dalam perdagangan.

Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Terima kasih atas infonya , adanya artikel tentang teknologi informasi dalam perdagangan ini saya jadi tau dan sangat membantu ,,
    kunjungi juga website kami di http:/www.atmaluhur.ac.id ,,
    thanks ...

    BalasHapus